Kamis, 24 Januari 2019

Dihantui Masa Lalu

Hampir semua orang dihantui masa lalu. Kecuali bayi. Karena belum banyak masa lalu yang dia miliki.

Namun begitu beranjak dewasa, dan sudah melalui banyak kejadian dalam hidup, yang kemudian lewat, dan menjadi masa lalu. Hantu-hantu masa lalu pun mulai muncul. 

Bentuknya macam-macam. Salah satunya. Misalnya. Dulu pernah putus dari pacar, akhirnya jomblo bertahun-tahun dan dibilang suka sesama jenis. Dan sering ditanya-tanya. "Kapan kawin? Kapan kawin?" Atau kejadian memalukan lain di masa lalu. Atau menyakitkan. Atau menyebalkan. Atau kombinasi banyak kejadian yang tidak menyenangkan.

Semua itu menimbulkan trauma.

Lama-lama, karena terlalu banyak trauma yang menumpuk, sehingga mengikis kebaikan yang ada di dalam diri. Kepolosan di masa kecil pun menghilang. Makanya ada yang bilang, orang dewasa adalah akumulasi trauma-trauma masa lalu. 


Nah.

Bagaimana cara menghadapinya?

Salah satu yang bisa dicoba adalah, dengan kesadaran bahwa, yang penting bukan apa yang terjadi, tapi kemana kamu melangkah setelah ini?

Kamu mungkin disakiti orang, sehingga menumbulkan luka yang dalam. Atau kamu menyakiti seseorang, sehingga dikejar-kejar rasa bersalah. Ingat saja, luka jiwa atau perasaan bersalah, jangan dibawa ke mana-mana. Karena yang penting bukan apa yang terjadi, tapi kemana kamu melangkah setelah ini.

Demikian.

Buat kamu yang selalu dikejar-kejar masa lalu. Boleh kok dibagi cara kamu menghadapi masa lalu selama ini. Tulis aja di kolom komentar ya.

Terima kasih.

2 komentar:

  1. Masa lalu ada untuk membentuk karakter kita saat ini. Menyesali yang sudah dilakukan nggak apa2 juga sih tp ingat saja itu kan juga pilihan kita menjalani jadi syukuri saja, semoga Allah menjadikan kita lebih baik dari yang lalu. Insya Allah bermanfaat. :D Mangaaat Kak Rama~

    BalasHapus